Mengenal Apa Itu Meta Dari Facebook: Perubahan dan Filosofinya

Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat internasional. Di Indonesia sendiri dalam beberapa tahun Facebook sukses mempertahankan diri sebagai sosial media yang paling banyak digunakan. Namun pada tahun ini ada perubahan besar pada perusahaan yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg ini dengan merupakan nama Facebook menjadi Meta. Hal tersebut membuat banyak orang ingin mengenal lebih jauh Apa itu Meta dari Facebook.

Mengenal Meta Dari Facebook

Secara resmi CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa telah menyatukan aplikasi dan teknologi yang dimilikinya ke dalam suatu perusahaan baru yang bernama Meta. Dasar logo dari Facebook sendiri mengalami perubahan setelah perusahaan tersebut berubah nama. Jika dahulunya Facebook menggunakan logo tulisan F berwarna biru kini Mark Zuckerberg memilih logo infinity atau tidak terbatas sebagai simbol perusahaan barunya tersebut.

Secara gamblang Mark Zuckerberg menjelaskan fokus utama dari perusahaan yang saat ini yang telah diberi nama Meta adalah menghidupkan metaverse atau dunia virtual dan membantu orang untuk saling terhubung secara virtual, membantu pengembangan bisnis, dan membantu masyarakat membentuk komunitas. 

Lebih lanjut metaverse yang dikatakan oleh Mark Zuckerberg menciptakan campuran pengalaman bagi setiap orang pengguna sosial media online yang diproyeksikan pada kehidupan nyata seseorang. Dengan cara ini hal yang tidak dapat dilakukan secara fisik dapat dilakukan secara online seperti berbagi pengalaman kepada orang lain secara online karena jarak yang cukup jauh dan adanya keterbatasan waktu untuk bertemu secara langsung.

Penjelasan Mark Zuckerberg atas menjadi visi utama dan keberlanjutan dari perusahaan Meta sekarang. Momentum ini juga digunakan sebagai ajang perayaan atas pertumbuhan industri teknologi Mark Zuckerberg yang telah mendunia. Bahkan Mark Zuckerberg sendiri tercatat sebagai salah satu dari 30 orang berpengaruh di dunia.

Struktur Perusahaan Meta

Karena pada dasarnya Meta merupakan perubahan nama dari Facebook, meski terdapat perubahan visi pada perusahaan rekasasa tersebut, namun tidak ada perubahan struktur perusahaan. Termasuk gaya pelaporan keuangan yang memiliki dampak besar terhadap pada investor perusahaan Meta hingga kuartal keempat tahun 2021. Kedepannya Meta akan membuat pelaporan keuangan menjadi 2 sekmen operasional yaitu laporan laba realitas dan laporan aplikasi Meta.

Visi Meta dan Visi Facebook

Facebook sendiri berdiri sejak tahun 2004, visi utama Facebook saat itu adalah membuat orang terhubung dengan cara baru. Dengan adanya Facebook mereka bisa Salang membagikan informasi ke publik, memberikan informasi secara privat kepada personal maupun kelompok. Hal ini sangat berbeda dengan visi Meta yang jauh lebih besar dimana memiliki misi untuk membantu orang saling terhubung.

Semua Produk Facebook Dengan Branding Meta
Semua Produk Facebook Dengan Branding Meta

Meta sendiri bertransformasi menjadi perusahaan besar dengan menjalin kerja sama dengan Instagram, WhatsApp, dan Massager dengan milyaran pengguna yang terdaftar. Meta sendiri berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna, sehingga mengutamakan pesan yang berusia peer to peer. Dengan demikian diharapkan kerahasiaan data dan informasi pribadi tetap terjaga di tengah maraknya kejahatan di internet dan sosial media.

Bagaimana, sudah memahami apa itu Meta dari Facebook. Pembaruan visi yang lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Di mana jangkauan Meta jauh lebih luas dibandingkan awal berdirinya Facebook. Dengan perbaikan visi akan merubah kebijaksanaan dan semangat pihak internal Meta untuk terus menjadi perusahaan teknologi terbaik hingga saat ini. Seluruh aplikasi di bawah perusahaan Meta juga terus melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang fluktuatif. Sehingga eksistensi dari perusahaan Meta sendiri tetap konsisten terjaga.